SELAMAT!!!

9 Jul 2009

Ah, akhirnya. Eits, nanti dulu. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan.
Kalau Anda pikir saya ingin membahas hasil pemilihan presiden yang baru saja berlangsung, saya berani katakan Anda salah besar.
Di tulisan kali ini saya tidak ingin membahas peristiwa politik besar yang telah kita lalui sebagai sebuah negara demokrasi (walaupun saya akan segera menulisnya di halaman yang lain). Saya justru ingin berbagi pengalaman dan perasaan saya seputar topik yang lain. Ini semua tentang blog.
Setelah sekian lama membiarkan blog saya tanpa perhatian sejak disibukkan dengan kegiatan politik praktis belakangan ini, saya akhirnya memilih untuk kembali. Kembali mencoba menata yang terabaikan, mengingat yang terlupakan. Mengumpulkan energi untuk kembali membiasakan diri menulis, menulis, dan menulis. Melatih merawat kembali pola positif yang sempat terhalang hanya karena permasalahan sepele yang terlalu didramatisir, MERASA tidak punya cukup waktu.
Ini saya lakukan bukan demi alasan formalitas, apalagi popularitas (tapi terimakasih untuk tim blogdetik, terutama Mas Marwan yang kerap mengingatkan untuk tetap mengisi blog hehehe), namun karena ada sebuah kebutuhan psikologis yang memang harus saya penuhi disini.
Dengan menulis blog, ada banyak hal positif yang bisa saya peroleh. Pertama, disini saya mendapatkan ruang kebebasan untuk berekspresi. Wadah penting untuk seluruh warga negara, terlebih pekerja seni seperti saya, untuk mengeksplorasi segala potensi diri, melalui proses penciptaan karya tulis yang sederhana (mudah-mudahan saja kualitas tulisan saya jadi kian berbobot dan bermanfaat setelah banyak berlatih menulis di blog ini hahaha).
Tidak cuma urusan kebebasan berekspresi dan menjadi medium yang mencerdaskan intelegensi seseorang dalam hal kecakapan menulis, merawat blog juga tampaknya menjadi media bersosialisasi yang cukup menarik. Sederhananya, pada setiap orang yang menulis blog, tentu akan ditemukan satu-dua (bahkan lebih) pernyataan yang merupakan hasil respon orang lain atas tulisannya. Malah bagi yang keranjingan blog, mendapatkan sebuah komentar dari pihak lain justru menjadi semacam kebutuhan psikologis tersendiri.
Eksistensi dunia maya, saya kira adalah bagian dari kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial di era teknologi informasi ini. Yah, tidak heran. Sebab bagaimanapun juga, kita sebagai manusia tidak akan mampu bertahan secara emosional, jika tidak memperoleh pengakuan dari orang lain.
Efek positif berikutnya. Kita jadi tahu banyak hal. Mulai dari perkara sepele kegiatan keseharian seorang pesohor yang kita kagumi, memahami pemikiran dan sudut pandang orang lain, dan yang terpenting, bisa menimba ilmu dari banyak pihak.
Kalau dipikir-pikir, penemuan aktivitas nge-blog itu cerdas sekali ya. (By the way siapa penemunya ya? Tampaknya saya harus bertanya pada Paman Google untuk mencari alternatif jawabannya.) Siapapun itu, dia telah menciptakan sebuah media berupa ruang maya tak berbatas yang mampu mengakomodir kebutuhan manusia dalam meningkatkan budaya menulis. Bayangkan, memberi ruang dan kesempatan yang sama bagi umat manusia di seluruh dunia!
Jadi sekarang, tinggal kitanya saja. Bersedia tidak kita menggunakan segala keistimewaan yang sudah kita dapatkan sebagai insan yang hidup di era digital ini. Apakah kita mau mengasah diri untuk berproses jadi manusia yang lebih cerdas memaknai perubahan jaman, atau justru menjadi korban peradaban modern yang kurang beradab dengan membiarkan teknologi mengontrol hidup kita tanpa terkendali.
Saya kira masing-masing dari kita punya jawaban yang berbeda-beda tentang makna nge-blog ini. Apapun uraiannya nanti, saya yakin kita semua setuju bahwa kita bisa menuangkan itu semua dalam blog kita masing-masing.
Akhirnya lagi, SELAMAT!!! Selamat untuk kita semua yang sudah punya blog serta bisa memanfaatkan blog secara positif. Juga selamat untuk pihak Detik yang di ulangtahunnya ke-11 semakin menstimuli masyarakat luas berlatih menulis lewat aktivitas blogging. Dan tak lupa, selamat untuk para pencipta software dan hardware yang telah memungkinkan banyak pihak untuk bisa menulis di berbagai gadget komunikasi.

Untuk para penyedia jasa internet dan provider telekomunikasi yang juga telah mendukung terbinanya keakraban umat manusia di jagat maya ini. Serta pada seluruh sistem penyelenggara negara di berbagai penjuru dunia yang telah memiliki goodwill untuk melepaskan rakyatnya dari cengkeraman kesenjangan teknologi. Selamat!!! Selamat nge-blog semuanya!
(hahaha, congratz tERe, ure reactivating your positive habit now. Lanjutkan!)


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post